Tuesday, 15 October, 2019

Cara Check Sound System


sound system

Kali ini mengenai kiat-kiat dikala check sound. Pastinya kalian para musisi untuk menjadi profesional mesti menjadi amatir atau pemula terutamanya dulu. Kekeliruan-kekeliruan kecil dikala prepare akan mengganggumu dikala beraksi di pentas. Karenanya amati hal-hal berikut, agar penampilanmu mengagumkan dan tak menyesal sesudah mentas sebab ada sebagian kekeliruan.

Tak mengecek alat !
Pastikan Alat atau Gear yang Kau Pakai Dalam Keadaan OKE !
Kadang mengawali band dengan alat sekadarnya membikin kita kurang mengamati alat-alat yang kita pakai. JIka kita akan mentas tak memakai alat sendiri (Its mean menerapkan alat dari pentas) karenanya kau mesti cek dengan bagus. Keadaan alat pentas tak senantiasa memungkinkan atau cocok diaplikasikan untuk perform. Sekiranya kau berada di stage yang besar malah, amat penting membawa alat sendiri agar dapat dicek dengan bagus sebelum perform. Dikala Check Sound, kau perlu cek keadaan alat mulai dari keadaan senar, input instrument, pre-amp pada instrumen, sampai bunyi yang keluar. Pastikan bunyi yang keluar tak ada kejanggalan, dan layak dengan sound yang akan kau butuhkan dikala perform. Tak ada Noise yang mengganggu dari instrumen yang kau pakai. Gitar, Bass, Key, Sampler, maupun drum, semuanya mempunyai kemungkinan mengganggu bila tak dicek dengan bagus.

Baca juga : Sewa Sound System

Tak Cek Keadaan Sound !
Cek Monitor, Sound Out, Amplifier, Direct Input, dan Seluruh Tipe Sound yang Diperlukan !

Dikala check sound kau perlu mengawali dengan memsatikan instrumen yang kau pakai mengeluarkan bunyi ke sound out dengan bersih (clean). Sekiranya belum terdengar ada bunyi yang keluar, karenanya mintalah bantuan terhadap operator atau kru pentas. Jangan sungkan meminta bantu, sebab itu akan membuatmu tak mantap untuk perform. Berikutnya kau perlu memeriksa Monitor, apakah telah terdengar dengan bagus atau belum. Ini sangatlah penting, untuk kontrol daya kerja dikala mentas. Monitor di pentas berfungsi untuk membantumu memperdengarkan instrumen yang kau mainkan dan instrumen lain, agar tak asal main saja tanpa mengamati feel permainan personil yang lain. Pastikan juga bila kau memakai Direct Input, bunyi telah terdengar terang. Direct Input lazimnya diaplikasikan sebab tak ada amplifier, atau diaplikasikan untuk sampling. Observasi, kadang kala Direct Input diaplikasikan pada sebagian amplifier, tak seluruh amplifier pada set pentas direct dengan microphone.

Tak Bawa Alat dan Peralatan Lain !
Bawa Alat Sendiri, Mulai dari Alat Musik sampai Kabel Sekiranya Perlu !
Nah, satu hal ini yaitu yang agak susah bila kita mempunyai band dengan keadaan yang dapat dibilang low budget. Kadang tidak mempunyai alat sendiri menjadi sebuah kendala untuk perform, tapi tidak perlu cemas. Manfaatkan hubungan dalam menyusun band, perbanyak kenalan bila memang kau merasa tak punya alat pensupport untuk tampil. Bukan untuk memanfaatkan hubungan, tapi untuk dapat saling membangun band. Solidaritas antar band juga amat penting dikala check sound, sebab antar band akan memberikan usulan yang dapat saja belum dipahami oleh kita. Contohnya kita meminjam alat, pastikan kau mengeceknya sebelum check sound, dan bertanya mengenai keadaan alat hal yang demikian terhadap pemiliki. Agar bila ada kendala tak bikin ribet.

Baca juga : Cara Sewa Proyektor

Belum Tunning !
Tunning Instrument dengan bagus, Atur tone Drum dan Equalizer Instrumen sampai terdengar terang !
Tunning yaitu membatasi tone atau nada pada instrumen yang kau pakai. Jangan hingga lupa tak tunning, membikin daya kerja mu menjadi terdengar sumbang malah amat tak nikmat. Tunning dilaksanakan untuk benar-benar mempertimbangkan setingan tone telah layak. Malah bunyi drum yang belum dilaksanakan penyesuaian tone, akan amat mengganggu. Perlu dipastikan bunyi drum telah nikmat dan ideal. Kemudian atur velocity atau jenjang kick, snare, dan part lainnya pada drum sampai terdengar mantap, powerfull dan nikmat (powerfull sound pada drum amat bertumpu pada permainan drummer kecuali setingan sound dan tone yang bagus). Pengendalian equalizer pada instrumen pada amplifier perlu dilihat, mulai dari karakter autentik dari amps yang ada sampai alat musik yang diaplikasikan. Pastikan tak ada frekuensi yang over atau jenjang dan gain yang berlebihan. Sehingga bunyi akan terdengar dinamin dan tak menutupi satu sama lain.

Telat !
Pas Waktu untuk Check Sound, Jangan Terburu-buru Dikala Prepare Sebelum Mulai On Stage !
Yaps, penyakit yang kadang kala secara tak segera ada pada sebuah band dan menghalangi perkembangan band yaitu tak pas waktu. Dalam acara apa saja, bila band telah menetapkan untuk tampil, karenanya jangan pernah sepelekan waktu. Datang pas waktu dikala Check Sound akan menunjukan kau yaitu band yang profesional. Malah datang sebelum perform layak jadwal, akan memberikan kesan bahwa band mu telah amat siap untuk tampil. Manfaatkan waktu check sound dengan bagus, bila memang cuma sebagian menit dikala prepare. Jangan pernah terburu-buru cuma sebab panggilan MC dan sebagainya. Sebab penampilan yaitu yang paling utama, bila memang cek terlalu lama. Karenanya sebelum perform kau dapat bertanga-tanya dengan kru pentas mengenai keadaan alat-alat yang ada. Sehingga tak membikin waktu acara menjadi molor sebab check sound yang terlalu lama sebelum perform. Sekiranya ada waktu cek diluar rundown, karenanya maksimalkanlah !

Kunjungi juga>> tempat sewa lighting

0 comments on “Cara Check Sound System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *