Wednesday, 13 November, 2019

Tamasya di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Kaltim


Wisata Pulau Seribu – Agustus kemarin secara sah Presiden Joko Widodo mengumumkan perpindahan ibu kota. Presiden Jokowi, malahan memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan beberapa Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai ibu kota Indonesia.

Pasca dipindahkannya ibu kota, tak sedikit dari masyarakat yang penasaran dengan potensi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan beberapa Kabupaten Kutai Kartanegara. Termasuk soal potensi wisatanya, tetapi sekiranya kita mungkin lebih acap kali mendengar nama Kabupaten Kutai Kartanegara. Tetapi, bagaimana dengan Kabupaten Penajam Paser Utara?

Berikut ini sebagian review potensi tamasya di Penajam Paser Utara? Diinfokan dari sebagian sumber berikut ini empat potensi tamasya yang ada si Penajam Paser Utama.

Pantai Tanjung Jumlai

Pantai Tanjung Jumlai dapat dibilang pantai yang cukup jaranh dikunjungi pelancong. Jadi daerah ini tepat buat kau yang berkeinginan rileksasi di pinggir pantai secara hening. Kecuali sepi, panorama pantai ini juga indah, dengan keadaan pantai yang bersih, ombak yang tak terlalu besar, kian membikin kau bakalan betah bersantai di sini.

Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus ini berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), atau sekitar 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten PPU (Kantor Kecamatan Penajam). Air terjun tembinus adalah pesona alam yang cukup menawan dan kapabel memanjakan mata bagi masyarakat yang berkunjung. Alirannya yang cukup deras dari ketinggian juga membikin pelancong menjadi lebih rileks. Bukan cuma itu, selama perjalanan pelancong juga dimanjakan dengan pohon-pohon hijau yang memberikan kesan nyaman dan menyegarkan mata.

Dianjurkan untuk mengunjungi daerah ini di akhir minggu sebab jaraknya yang terbilang cukup jauh. Kecuali itu direkomendasikan tak datang di musim penghujan, hal ini berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan.

Pulau Gusung dikenal mempunyai estetika bawah laut yang tak keok cantiknya dengan potensi bawah laut seperti di Bunaken, Labuan Bajo, sampai Raja Ampat. Karena, pulau ini mempunyai 56 ragam karang yang sekitar kurang lebih 80 persen yaitu karang hidup yang jaranh dijumpai di lokasi lain. Pulau ini juga mempunyai 47 ragam ikan dan salah satunya yaitu ikan napoleon yang adalah salah satu ikan langka dan dilindungi.

Ekowisata Mangrove Penajam

Dibuka pada tahun 2016, ekowisata mangrove penajam ini juga jadi tamasya yang enggak keok kerennya di Penajam Paser Utama. Saat menjelang zona pelancong akan via jembatan kayu untuk merasakan panorama hutan mangrove di sebelah kanan dan kiri. Bila mujur kau dapat memandang binatang-binatang yang hidup di Ekowisata Hutan Mangrove.

Baca Juga : Outbound Puncak

0 comments on “Tamasya di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *