Tuesday, 02 June, 2020

9 Tips Membaca Buku Yang Membosankan Menjadi Lebih Menyenangkan


Rasanya susah untuk menghabiskan buku yang menurutmu membosankan? Namun kamu pikir bahwa buku itu penting untuk dihabiskan?

Ya, kamu tak sendiri. Kita semua pasti pernah menikmati hal itu. Khusus pada buku-buku tentang teori pembelajaran. Banyak orang yang bilang bahwa membaca itu suatu kesibukan yang cukup menghabiskan waktu. Dengan ikut serta berdaya upaya seperti ini, halangan kita untuk konsisten membaca buku akan kian besar. Sudah membosankan, menguras waktu pula.

Untuk itu, kamu patut tahu 9 tips tepat membaca buku yang membosankan menjadi lebih menyenangkan.

1. Perjelas tujuanmu dengan bertanya “mengapa”

TIps membaca jadi asyik yang pertama, tanyakan pada dirimu sendiri, mengapa kamu membaca buku membosankan itu? Apakah untuk hiburan? Apakah cuma untuk cari tahu? Untuk memaksimalkan dirimu? Tugas sekolah?

Perjelaslah tujuan dan apa alasan di balik kegiatanmu itu. Karena dengan menanyakan hal ini, pikiranmu akan kian terbuka lebar mendapatkan anggapan-anggapan yang masuk dari dirimu. Intinya, konsisten cari sisi bagus dari membaca ini. Dengan adanya dorongan itu, kau akan merasa bahwa kesibukan ini memang keininganmu sendiri yang tak dipaksakan. Dan jika tujuanmu sudah ditemukan, kamu tak akan ragu lagi untuk terus membaca.

Simak Juga: Buku Management

2. Mulai dengan sebuah relaksasi

Buku akan terasa membosankan jika kamu tak konsentrasi pada buku itu. Pikiranmu pergi ke mana-mana. Bila banyak pikiran dan stres, karenanya fokus kita terganggu. Kamu butuh sedikit relaksasi sebelum mulai melanjutkan membaca lagi.

Kamu dapat tarik nafas panjang sembari menutup mata dan mengembuskannya pelan dibarengi dengan membuka mata. Rasakan segala tubuhmu menjadi hening. Bila dirasa sudah cukup, kau bisa melanjutkan kesibukan membacamu. Pasti berbeda.

3. Sosmed adalah candu, dapat mengganggu bacaan

Kita bisa dengan mudah mencari apa yang ada di dunia maya. Di sana juga kita sering berupaya membuka media sosial, kuatir ada yang menghubungi atau tertinggal sesuatu. Walaupun kekhawatiran itu hampir tidak pernah ada. Sangat sosial memang dirancang untuk membuat kita konsisten memainkannya.

Matikan sekarang juga. Kamu akan susah untuk membuat kesibukan membaca menjadi asyik dengan hp menyala, karena godaannya besar. Yakinlah, pengetahuan yang ada di buku lebih berfaedah daripada kabar yang berseliweran di media sosial.

4. Bagi, bagi, dan bagi

Maksudnya adalah kamu sering kali merasa bahwa bacaan yang sedang kamu baca itu terlalu panjang. Kamu membayangkan pengerjaan yang lama untuk mencari inti dari bacaanmu. Sehingga, kita akan cepat bosan.

Maka dari itu, bagilah sebagian komponen seperti menargetkan jumlah halaman yang dibaca, atau berapa bab/sub-bab yang wajib dibaca sebelum mengambil sela. Dengan membaginya karenanya kamu akan menerima sensasi untuk langsung merampungkan komponen itu dengan perasaan yang lebih ringan. Bila masih belum terasa berat, lanjut!

Baca Juga: Buku Bisnis

5. Beri jeda

Masih berlanjut, jeda ini penting untuk lewat suatu bacaan yang “membosankan”. Jeda ini menolong kamu konsisten segar dan konsentrasi, sehingga kesibukan membaca jadi asyik.

Bagaimana bahkan, yakinlah bahwa kamu sudah menetapkan berapa lama sela yang kamu sisihkan dalam kesibukan membaca bukumu itu. Tidak, tantang diri kamu untuk memecahkan suatu komponen (halaman/bab) dan kasih jeda sebagai imbalannya. Selama jeda, jangan pikirkan perihal buku lagi. Biarkan jeda menjadi waktu istirahatmu yang berharga. Hal ini bertujuan mencegah kebosanan datang melanda.

6. Jangan merasa bersalah untuk melewati

Ada yang dinamakan teknik membaca intensif dan teknik membaca ekstensif. Pada skor 6 ini, kamu bisa memakai teknik membaca ekstensif. Teknik ini yakni sistem membaca kencang dengan cuma membaca inti suatu alinea saja. Biasanya segala kalimat dalam alinea dibaca. Kamu, inti suatu alinea berlokasi di permulaan alinea.

Pahamilah sebagian komponen yang memang tak menjadi intisari sebuah bacaan dan cobalah untuk melaluinya. Kamu bisa mencobanya dan jangan merasa bersalah untuk itu. Merasa bersalahlah jika tak membaca buku, ya?

7. Mungkin kamu butuh tutorial visual

Tutorial ka u membaca, cobalah gerakkan jarimu atau pakai sebuah pensil dikala membaca tiap-tiap kata. Dengan hal ini matamu akan konsisten meniru benda yang bergerak.

Apabila visual ini juga bisa membantumu konsisten konsentrasi pada teks dan kamu bisa mengurangi gangguan luar lainnya. Tentunya, sesuaikan ritmenya dengan kecepatanmu membaca ya.

Cek Juga: Toko Buku Kuliah

8. Mendengar

Ini tak lagi membaca, melainkan mendengar. Teknologi buku audio (audiobook) memungkinkannya. Bila kamu merasa bosan membaca, mengapa tidak coba dengan mendengarnya?

Kamu tak perlu memaksa dirimu untuk membaca. Dengan meningkatnya tren buku audio, kau bisa menemukan banyak sekali materi buku audio di dunia maya. Coba duduk nyaman dan dengarkan saja.

9. Selain lebih mengasyikan? Imajinasikan

Beberapa isi buku, imajinasimu juga memberi pengaruh perasaan bosan atau tidaknya membaca buku. Mengapa hal-hal yang amat dekat di antara kita akan membikin kita jauh lebih terstimulus untuk membaca lagi dan lagi.

Bagaimana jika bacaanmu itu kamu imajinasikan dengan hal-hal yang paling dekat dengan dirimu? Tentu kamu dapat. Ambillah plot atau karakter dari cerita dan cobalah bayangkan dengan orang-orang di sekitarmu. karakter kadang mempunyai sifat tertentu, mungkin di antaranya ada yang mirip dengan seseorang yang kamu kenal.

Kunjungi Juga: Toko Buku Import

0 comments on “9 Tips Membaca Buku Yang Membosankan Menjadi Lebih Menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *