Friday, 25 September, 2020

Tips Menghitung Pelunasan Kredit Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo


Memilih untuk membeli kendaraan melalui kredit merupakan salah satu cara untuk memudahkan Anda untuk mendapatkan kendaraan pribadi. Di sisi lain, melunasi semua kredit kendaraan ini dapat menambah beban utang jangka panjang yang melelahkan. Apalagi sekiranya Anda mengambil tenor yang panjang.

Tetapi, ada cara lain yang dapat Anda pilih untuk melunasi kredit kendaraan dengan cepat. Cara ini bahkan dapat Anda pilih jika terbukti di masa jangka waktu kredit kendaraan ini Anda telah mempunyai uang lebih. Opsinya, Anda dapat melakukan pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo.

Lalu, apa saja yang seharusnya dijalankan untuk melunasi kredit kendaraan sebelum jatuh tempo? Bagaimana sistem perhitungan pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo?

Simak Juga: Harga Kredit Toyota Agya

Cari Tahu Perhitungan Pelunasan Kredit Kendaraan Berapa Besar Jumlah Kredit dan Besar Penalti

Biasanya yang pertama kali harus Anda ketahui adalah berapa jumlah yang seharusnya dibayarkan ketika melakukan pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo alias dipercepat, berapa besar pinalti dan apakah lebih untung ataupun rugi jika membayar lebih besar dibandingi jika membayar kreditan hingga habis kontrak.

Coba Anda pikirkan kembali sudah berapa lama cicilan kendaraan Anda telah berjalan? Setengahnya atau mungkin hampir selesai?

Ada cara untuk mengetahui berapa jumlah sisa utang pokok yang Anda tanggung. Mudahnya, Anda dapat memperhatikan pada kontrak kerja sama Anda dengan Institusi Finansial. Umumnya dengan menemui Institusi Finansial tersebut, Anda akan diberikan tabel cicilan dan dapat menghitungnya berapa sisa utang pokok per bulannya. Jika tak ada tabel kreditan, maka Anda dapat datang ke cabangnya untuk menanyakan.

Pelunasan Kredit Kendaraan Sebelum Waktunya, Apa Untung Ruginya?

Keinginan Anda dalam masa pelunasan ini, pasti sempat terpikir bagi Anda sebagai nasabah kredit untuk mengatasi tenor meskipun tanggal jatuh tempo selesai kreditan masih jauh. Ummunya telah didasari karena telah cukupnya dana untuk mengatasi sisa kreditan dan keinginan lepas dari tagihan bulanan. Dengan situasi seperti itu, pelunasan kredit kendaraan sebelum waktunya, apakah untung atau rugi ya?

Sebenarnya pelunasan kredit kendaraan lebih cepat dianggap lebih menguntungkan karena berarti Anda melepaskan diri dari biaya kreditan di bulan-bulan yang akan datang dengan menuntaskannya saat itu juga. Apalagi jika Anda tergolong konsumtif mungkin akan sangat terbantu dengan melakukan pelunasan yang telah dipercepat.

Terburuknya, coba bayangkan jika tagihan kredit kendaraan datang dibarengi dengan tagihan kredit belanja, makan, jalan-jalan dan lain-lain, ditambah dengan bunga setiap transaksi.

Ketika-dapat uang yang semula disimpan untuk melunasi kreditan kendaraan pun cepat habis untuk kredit atau keperluan lain. Beberapa pihak bank atau kreditur bisa diajak diplomasi berhubungan penurunan bunga untuk pelunasan dipercepat, tentunya sisa total kreditan menjadi berkurang dari sempurna kreditan semula.

Cek Juga: Harga Kredit Toyota Calya

Bagaimana Perhitungan Bunga Berjalan?

Sesudah memastikan untuk melunasi kredit kendaraan sebelum jatuh tempo, umumnya ada perhitungan bunga berjalan yang seharusnya Anda pertimbangkan. Perhitungannya merupakan selisih hari antara tanggal pembayaran terakhir dengan tanggal jatuh tempo tiap bulannya. Cara institusi pembiayaan, bank, atau kreditur akan menghasilkan bunga berjalan menjadi nol jika pelunasan dijalankan sehari sesudah pembayaran terakhir. Oleh sebab itu, supaya lebih murah sebaiknya lakukan pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo sesudah Anda membayar kreditan.

Apabila Telah Lunas Bagaimana Sistem Mengambil BPKB? Apakah Dapat Dilakukan Sekarang Juga?

Selama kredit kendaraan Anda belum lunas, umunya pihak institusi finansial, bank, atau kreditur akan menahan BPKB Anda. Nah, jika seluruh pelunasan kredit kendaraan telah Anda lakukan, Anda dapat menerima BPKB Anda. Satu hal yang seharusnya Anda cermati, supaya pelaksanaannya jadi lebih mudah, sebaiknya lakukan pelunasan oleh orang yang teregistrasi pada kontrak dengan institusi finansial tersebut sehingga tak perlu membawa surat kuasa. Anda cukup membawa KTP dan STNK Kendaraan.

Sekarang Anda telah mengerti cara menghitung pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo kan? Pertimbangkan berbagai hal-hal di atas, supaya Anda dapat dengan mudah mengerjakan pelunasan kredit kendaraan sebelum jatuh tempo.

Baca Juga: Harga Mobil Avanza Kredit

0 comments on “Tips Menghitung Pelunasan Kredit Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *