Friday, 25 September, 2020

Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi


Seandainya anda bekerja di kantor secara khususnya di bagian keuangan, tentu tidak asing lagi dengan bermacam-macam software yang berkaitan dengan akuntansi. Sekarang ini telah banyak alternatif software yang siap menolong untuk memecahkan pekerjaan-pekerjaan akuntansi (accounting software) seperti jurnal pembelian / penjualan, pembuatan laporan keuangan, laba rugi, pembentukan daftar gaji, dan lain sebagainya. Software-software ini juga dapat diterapkan untuk tipe skala perusahaan dari yang kecil hingga yang besar.

Cek Juga: SAP Business One Indonesia

Software akuntansi sendiri terbagi menjadi 2 yaitu berbasis desktop dan berbasis website (online). Software berbasis desktop tentu mewajibkan penggunanya menginstal aplikasi di komputer masing-masing. Meskipun yang berbasis website tak perlu menjalankan hal-hal demikian karena cukup membukanya di website browser dengan syarat mempunyai sambungan internet.

Baik yang berbasis desktop maupun website, pada sebenarnya sama saja. Keduanya dapat menjadi alternatif karena dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan pekerjaan mengelola laporan keuangan. Versi terupdate juga terus dioptimalkan oleh developer penyedia software tersebut. Ini berhubungan dengan masih adanya kekurangan yang disediakan software sekalgus untuk memenuhi permintaan pasar yang mau lebih simple dan mudah diterapkan tetapi dengan fitur yang komplit.

Apa sebetulnya kelebihan dari penggunaan software akuntansi ini? Bagaimana pula dengan kekurangannya? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Software Akuntansi

Selain menolong dalam pekerjaan akuntansi atau keuangan perusahaan, software juga diterapkan untuk menciptakan data dan laporan yang jitu. Lebih dari itu, berikut sebagian kelebihan yang didapat dengan pengaplikasian software akuntansi.

1. Data-Data Transaksi yang Terorganisir dengan Baik

Membuat laporan secara manual tentu mempunyai risiko seperti hilangnya faktur dan salah pencatatan. Tapi, dengan menggunakan software, maka hal-hal tersebut dapat dihindari sebab pencatatan dikerjakan secara komputerisasi serta terkumpul dengan aman dan terorganisasi dengan baik. Data-data transaksi ini juga akan dengan mudah dicari sehingga menolong efektifitas kerja akuntan.

Baca Juga: Sistem Akuntansi

2. Lebih Aplikatif untuk Seluruh Bidang Bisnis

Perangkat aplikasi akuntansi mempunyai kelebihan sebab fitur-fiturnya dapat dipilih sesuai bisnis yang dikerjakan, dari mulai UKM, perdagangan, industri, konstruksi, dan lain sebagainya. Tersebut ini berarti pengaplikasian software akuntansi lebih aplikatif dan menciptakan laporan keuangan yang sesuai dengan keperluan.

3. User Friendly

Salah satu keunggulan dari software akuntansi yaitu mudah diterapkan (user friendly) sebab fitur-fiturnya yang mudah dipahami. Pemakaian untuk pengoperasiannya juga dapat dikerjakan oleh mereka yang tidak berlatang belakang di bidang akuntan.

4. Lebih Aman

Artinya pencatatan akan menjadi lebih transparan. Anda juga tidak perlu khawatir akan resiko kehilangan data. Tersebut dikarenakan ada backup data otomatis yang dapat dipercaya bila terjadi hal-hal diluar dugaan.

5. Terdapat Fitur Manajemen Pencatatan Utang Piutang

Dalam software akuntansi, terdapat juga fitur yang memungkinkan penggunanya mencatat utang dan piutang secara akurat dan mudah. Fitur ini juga memungkinkan proyeksi posisi arus kas bisnis di masa depan. Catatan tagihan dan faktur dapat dikelola dan dibentuk sehingga bisa menolong dalam meminimalisasi timbulnya piutang tidak tertagih dan denda keterlambatan dari pelunasan utang.

6. Laporan Real time

Berbeda dengan metode konvensional yang pencatatan transaksi pada umumnya diolah menjadi laporan keuangan di akhir tahun karenanya dengan software, hal ini dapat dikerjakan kapan saja. Ini dikarenakan pencatatan dikerjakan secara otomatis, sehingga hasil laporannya bahkan akan real-time. Cara pihak manajemen perusahaan dapat menjalankan survei dan evaluasi kapan saja sehingga keadaan sulit dapat dipecahkan secepatnya.

Cek Juga: Software ERP Indonesia

7. Hemat Waktu dan Aktivitas

Penggunaan software dalam pekerjaan berfungsi untuk efisiensi waktu dan daya. Begitupun dengan software akuntansi, anda dapat menghemat banyak waktu dan daya dibanding semestinya mengerjakannya secara manual. Membutuhkan pencatatan dokumen dapat dikerjakan beriringan tanpa semestinya direpotkan dengan berkas-berkas yang menumpuk.

8. Kekurangan Software Akuntansi

Dibalik kelebihan yang dimilikinya, terbukti masih ada sedikit kekurangan dari software akuntansi ini. Setidaknya ada 3 hal utama yang menjadi kekurangan tersebut, adalah :

1. Migrasi Data

Aktivitas bisnis bersifat dinamis, begitupun perusahaan yang dapat berubah dan berkembang. Ini artinya software akuntansi yang sudah diterapkan perlu ada penyesuaian kembali mencontoh keperluan bisnis. Imigrasi data inilah yang dapat menyebabkan gangguan sekiranya tidak dikerjakan dengan benar atau oleh personel khusus. Sehingga perlu bantuan kembali terhadap developer penyedia software.

Simak Juga: ERP Indonesia

2. Meliputi Keamanan Server yang Bagus

Aktivitas bisnis bersifat dinamis, begitupun perusahaan yang dapat berubah dan berkembang. Ini artinya software akuntansi yang sudah diterapkan perlu ada penyesuaian kembali mencontoh keperluan bisnis. Imigrasi data inilah yang dapat menyebabkan gangguan sekiranya tidak dikerjakan dengan benar atau oleh personel khusus. Sehingga perlu bantuan kembali terhadap developer penyedia software.

Karena software dikerjakan secara terkonsentrasi, karenanya bila server sentra mengalami down karenanya cara software tak dapat berjalan dengan lancar. Oleh sebab itulah perlu cara keamanan yang lebih baik.

3. Tidak Mencakup Seluruh Kegiatan Operasional Perusahaan

Sebagai sebuah software khusus akuntansi, karenanya tentu penggunaanya juga terbatas untuk kesibukan akuntansi saja. Ini artinya bila anda hanya mengaplikasikan software akuntansi saja, karenanya antara divisi satu dan yang lain tak terintegrasi secara seketika.

Pada hakikatnya perusahaan memang memerlukan pengembangan teknologi untuk mempermudah, mengefektifkan, dan mengefisiensikan semua kesibukan berkaitan. Isu software akuntansi tersebut dapat dengan mudah ditempuh. Software akuntansi tidak mengintegrasikan ke semua aktivitas operasional perusahaan, melainkan masih ada metode yang dapat dipilih adalah mengaplikasikan software Enterprise Resource Planning (ERP).

Kunjungi Juga: Accounting System Indonesia

0 comments on “Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *