Friday, 25 September, 2020

Cara Melindungi Rumah Anda dari Serangan Petir


Serangan kilat sering kali terjadi sekitar 25 juta kali per tahun. Perkiraannya bervariasi, tetapi paling buruk, orang Indonesia memiliki peluang satu banding sejuta untuk dihantam setiap tahun.

Saya tidak akan membuat Anda bosan dengan matematika, tetapi National Lightning Safety Institute memperkirakan bahwa 1 dari setiap 200 rumah akan tersambar petir setiap tahun. Itu adalah ide yang jauh lebih umum, dan kemungkinan mengecilkan risiko untuk daerah dengan badai yang sangat sering.

Melindungi Rumah Anda Dari Serangan Langsung

Sistem proteksi petir

Setiap orang pernah mendengar tentang penangkal petir (juga dikenal sebagai terminal udara), tetapi mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa mereka tidak benar-benar menarik listrik. Mereka biasanya merupakan bagian dari sistem proteksi petir.

Jika kilat menyambar, sistem ini dirancang untuk membantu menyebarkan energi listrik ke dalam tanah dan memengaruhi jalurnya dengan cara yang meminimalkan kerusakan pada struktur.

Perlindungan yang ditawarkan sistem ini tidak mutlak, tetapi mereka secara signifikan mengurangi risiko kebakaran dan kerusakan struktural dengan mengurangi energi yang mengalir melalui struktur itu sendiri.

Berhati-hatilah terhadap kebakaran

Kebakaran sangat umum terjadi setelah sambaran petir. Meski berumur pendek, baut bisa mencapai suhu 54.000 derajat Fahrenheit. Bagi siapa pun yang menjaga skor, itu beberapa kali lebih panas daripada permukaan matahari.

Jika rumah Anda rusak, hubungi pemadam kebakaran tanpa penundaan; lokasi kebakaran potensial mungkin tidak segera terlihat. Pastikan Anda memiliki pemadam api fungsional dan asuransi pemilik rumah yang mencakup kerusakan terkait petir (termasuk kebakaran terkait).

Baca Juga: Pasang Penangkal Petir

Menghadapi lonjakan listrik

Serangan langsung ke rumah dapat menyebabkan lonjakan daya yang merusak sistem kelistrikan dan elektronik. Cara terbaik untuk menghindari kerusakan seperti ini adalah mencabut semuanya saat terjadi badai, tetapi tidak realistis untuk mengharapkan kebanyakan orang melakukannya setiap saat. Beberapa orang akan mencabut kabel elektronik mahal, tetapi downside untuk melakukan ini adalah bahwa Anda harus berada di rumah ketika badai melanda, atau Anda harus mencoba untuk memprediksi keparahan badai yang akan datang.

Anda mungkin berpikir Anda aman jika sebagian besar elektronik Anda dicolokkan ke pelindung lonjakan arus. Itu tujuannya, kan? Untuk melindungi dari lonjakan listrik, AKA sambaran petir?

Anda sebenarnya tidak bisa mengandalkan pelindung lonjakan listrik atau kabel listrik secara teratur untuk menjaga keamanan elektronik Anda. Bahkan kakak-kakak mereka, catu daya uninterruptible power tugas berat (UPS), mampu menangani daya penuh yang dihasilkan oleh petir.

Akhirnya, hampir semua orang pernah mengalami badai yang menyebabkan pemadaman listrik. Kehilangan daya adalah salah satu dari hal-hal yang sering terjadi seiring dengan badai yang buruk, jadi itu ide bagus untuk memiliki persediaan lilin, senter, baterai, charger engkol tangan, dan sejenisnya. Generator cadangan kecil juga tidak ada salahnya.

Pertimbangkan untuk membuang sambungan telepon rumah

Cedera dan kematian terkait petir sangat jarang terjadi di AS dibandingkan beberapa dekade lalu. Meningkatnya urbanisasi serta modernisasi bangunan dan kendaraan berarti semakin banyak orang yang terganggu.

Beberapa dari beberapa cedera dalam ruangan yang masih terjadi terjadi ketika berbicara di telepon. Tidak, ini bukan hanya legenda urban; listrik benar-benar dapat melakukan perjalanan melalui saluran telepon.

Jika Anda masih bergantung pada jalur darat untuk sistem keamanan Anda, berita baiknya adalah bahwa perusahaan sistem keamanan terkemuka sekarang menyediakan sejumlah opsi lain yang tidak memerlukan penggunaan jalur darat.

Sistem keamanan nirkabel dapat menawarkan keuntungan signifikan dibandingkan sistem darat tradisional. Dan hadapi saja, satu-satunya hal mengejutkan yang keluar dari ponsel Anda adalah sedikit gosip yang menarik.

Cek Juga: Alat Penangkal Petir

Melindungi Rumah Anda dari Pemogokan Tidak Langsung

Kerusakan pohon

Bahkan jika rumah Anda tidak terkena serangan langsung, Anda tidak harus keluar dari hutan. Serangan kilat bisa sangat merusak pohon; mereka dapat membelah mereka, mengirim kulit seperti pecahan peluru terbang, dan bahkan menyebabkan mereka terbakar.

Hubungi perusahaan layanan pohon terkemuka untuk memeriksakan pohon yang rusak karena petir, karena mereka lebih rentan terhadap kerusakan jenis lain, termasuk yang berasal dari serangga, penyakit, atau pembusukan.

Kerusakan petir meningkatkan risiko pohon tumbang; batasi risiko Anda dengan membuang pohon yang terlalu dekat dengan rumah atau mengambil tindakan pencegahan untuk melindunginya.

Hubungi perusahaan perawatan pohon untuk mengetahui apakah mereka merekomendasikan pemangkasan atau pemindahan pohon Anda. Jika Anda jatuh cinta pada pohon oak Anda yang berusia 100 tahun, beberapa perusahaan perawatan pohon bahkan memasang sistem proteksi petir pada pohon untuk mengardekannya dan meminimalkan kerusakan.

Daya eksternal melonjak

Petir masih dapat menyebabkan masalah bahkan ketika itu tidak menyerang apa pun di properti Anda. Pemilik rumah yang tinggal di dekat tiang listrik atau jalur yang terpukul dapat membuktikan hal ini; pemogokan mengirimkan tsunami virtual dari aliran listrik bertegangan tinggi ke rumah-rumah terdekat.

Listrik yang memenuhi syarat dapat memasang pelindung lonjakan seluruh rumah yang akan menawarkan perlindungan terhadap lonjakan memasuki rumah melalui jaringan listrik. Namun, mereka tidak dapat melindungi dari lonjakan yang disebabkan oleh serangan langsung.

Simak Juga: Harga Penangkal Petir

Keamanan Petir Umum dan Petir

Anda mungkin sudah tahu trik mudah untuk mengetahui seberapa jauh petir adalah: hitung jumlah detik antara flash dan guntur dan bagi dengan lima. Itu adalah jumlah mil antara Anda dan kilat. Petir tidak dapat dicegah, tetapi tindakan pencegahan sederhana dapat meminimalkan risiko bagi Anda dan barang-barang Anda.

Hal-hal yang perlu diingat selama badai petir:

  • Petir dapat menyerang hingga 10 mil jauhnya saat badai.
  • Jika lebih dekat dari 5 mil (penundaan 25 detik atau kurang), bersiaplah untuk segera mengambil tindakan.
  • Jika Anda mendengar suara guntur, cari perlindungan selama badai.
  • Jangan mencari perlindungan di kamar mandi; plumbing biasanya merupakan konduktor yang sangat baik.
  • Hindari menelepon di telepon rumah. Listrik dapat melakukan perjalanan melalui saluran telepon.
  • Hindari menggunakan peralatan atau apapun yang terhubung ke outlet.
  • Cabut kabel elektronik atau peralatan yang mahal sampai guntur mereda.
  • Tetap di dalam rumah selama badai.

Lindungi Rumah dan Diri Anda

Saat ini, kilat lebih cenderung menyebabkan kerusakan harta benda daripada cedera atau kematian, dan itu hebat! Tetapi ketika rumah kita dipenuhi dengan elektronik dan sirkuit yang semakin canggih, potensi kerusakan properti yang disebabkan oleh sambaran petir hanya akan terus meningkat.

Biaya penggantian setiap alat, TV, dan komputer bersama dengan kabel listrik seluruh rumah sudah cukup mahal. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan tukang listrik untuk mengetahui tindakan pencegahan apa yang bermanfaat.

Kunjungi Juga: Jual Penangkal Petir

0 comments on “Cara Melindungi Rumah Anda dari Serangan Petir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *