Friday, 25 September, 2020

Jenis Kaca Film dan Cara Mewarnai Jendela Mobil Anda


Jika Anda ingin mobil Anda terlihat dan terasa sporty, jendela berwarna sangat penting. Mereka membantu memberikan profil yang ramping pada mobil sekaligus menambah privasi, untuk berkendara yang lebih bergaya. Dan ada manfaat lain dari warna jendela, termasuk menjauhkan sinar UV matahari – baik ketika Anda bepergian dengan anak-anak atau hanya ingin menjaga mobil Anda tetap dingin.

Jika mobil Anda tidak memiliki jendela berwarna, Anda dapat menambahkannya sebagai tambahan opsional. Panduan ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang pewarnaan jendela, dari berbagai jenis film hingga proses penerapan pewarnaan pada mobil Anda.

Apa Saja Berbagai Jenis Kaca Film Warna?

Berikut berbagai jenis kaca film warna jendela supaya Anda dapat memutuskan mana yang tepat untuk Anda. Di bawah ini, kami melihat empat tipe utama dan menimbang pro dan kontra masing-masing.

Kaca Film Warna Celup

Warna kaca film yang paling umum, terjangkau, dan tersedia adalah film berwarna. Ini memiliki bagian belakang yang lengket untuk memasangnya ke jendela, dan kemudian senapan panas digunakan untuk menempelkannya dengan benar ke kaca. Film tampak hitam dari luar tetapi relatif jelas dari dalam, untuk visibilitas dan hasil akhir yang baik.

  • Kelebihan: Terjangkau, mudah diaplikasikan, hasil akhir berwarna bagus.
  • Kekurangan: Pewarna dapat memudar seiring waktu, efek pendinginan rata-rata-buruk dan perlindungan UV di musim panas.

Kaca Film Warna Logam

Jenis film ini mengandung partikel logam mikroskopis, yang membantu mewarnai kaca sekaligus memberikan hasil akhir logam yang mengkilap. Film logam sangat baik untuk mencegah panas keluar dari kabin, memberikan lapisan reflektif yang padat. Mereka juga berguna untuk memperkuat kaca depan, membuatnya tidak mudah pecah.

  • Kelebihan: Kuat dan tahan terhadap goresan, isolator yang baik di musim panas dan musim dingin.
  • Kekurangan: Partikel logam dapat mengganggu penerimaan telepon, infotainment dan radio.

Kaca Film Warna Karbon

Film karbon merupakan langkah maju dari pewarnaan jendela yang dilapisi logam, karena mengandung partikel karbon yang tidak mengganggu penerimaan radio dan telepon. Ini juga bagus untuk memblokir panas dari matahari, bahkan di puncak musim panas, jadi Anda tidak perlu menggunakan AC terlalu banyak.

  • Pro: Perlindungan dan isolasi UV yang sangat baik, hasil matt yang menarik.
  • Kekurangan: Mahal dibandingkan dengan film yang diwarnai dan dilapisi logam.

Film Warna Jendela Keramik

Kaca film ini mengandung partikel keramik yang menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap sinar UV dan panas matahari yang berbahaya, menjaga mobil tetap bagus dan sejuk di musim panas. Ini adalah film tinting terbaru dan termahal yang pernah ada, dan juga menawarkan hasil akhir terbaik dan umur panjang terbaik, karena sangat tahan terhadap goresan dan pemudaran.

  • Kelebihan: Tangguh dan tahan pakai, hasil matt yang berkelas, perlindungan yang baik dari sinar UV dan panas.
  • Kekurangan: Sangat mahal dan hanya tersedia dari produsen spesialis.

Bagaimana Menerapkan Kaca Film Warna dalam 8 Langkah Sederhana

Meskipun banyak orang lebih suka menggunakan pewarna aftermarket oleh seorang profesional, Anda dapat menerapkannya sendiri jika Anda memiliki alat yang tepat. Di bawah ini, kami memberikan langkah-langkah praktis tentang cara mengaplikasikan kaca film warna jendela.

Yang Anda Butuhkan

  1. Heatgun
  2. Pisau Kerajinan
  3. Botol air semprot
  4. File metal (untuk finishing)
  5. Kain serat mikro, alat pembersih yg terbuat dr karet dan pisau cukur jendela
  • Langkah 1: Bersihkan kaca interior tempat film akan diaplikasikan. Kami merekomendasikan penggunaan produk pembersih jendela mobil khusus untuk menghilangkan gemuk, bekas, dan noda. Jika Anda yakin kaca sudah benar-benar bersih, gunakan alat pembersih kaca dan pisau cukur jendela untuk menghilangkan kelembapan berlebih dan mengeringkan kaca.
  • Langkah 2: Mulailah dengan menyemprot kaca eksterior jendela yang sedang Anda kerjakan dengan air. Air menahan film dengan lembut di tempatnya, sehingga Anda dapat menyesuaikan dan memotong film sesuai ukuran tanpa harus menahannya dengan canggung pada kaca (yang akan rumit, bahkan dengan tangan yang paling mantap). Kemudian, potong film dengan menekannya ke celah jendela dan potong dengan pisau. Ikuti garis bingkai jendela untuk memotong setepat mungkin, dan bulatkan sudutnya untuk mencegah pengelupasan dan telinga anjing. Ingat, Anda perlu sedikit menurunkan kaca jendela untuk memastikan film dipotong dengan bentuk yang tepat.
  • Langkah 3: Gunakan senapan panas untuk membentuk film dengan ukuran dan bentuk jendela yang tepat. Panas akan memungkinkan film meregang dan membentuk kembali dengan mudah, terutama jika Anda menggunakan potongan plastik untuk membentuknya di sudut. Setelah Anda puas dengan bentuk film yang tepat, keluarkan dengan hati-hati dari kaca dan sisihkan. Kami sarankan untuk memotongnya sehingga menggantung, atau meletakkannya rata di atas permukaan yang bersih. Jika Anda meletakkannya, semprot permukaannya dengan air terlebih dahulu agar tidak lengket.
  • Langkah 4: Lepaskan bagian belakang dan semprotkan ke bawah film dengan air bersih. Menjaga film tetap lembab akan membuatnya lebih mudah untuk disesuaikan dan dipindahkan ke tempatnya di atas kaca sebelum menempel dengan kuat, sehingga Anda dapat memastikan ukuran yang pas. Kemudian, Anda siap untuk mulai mengaplikasikannya ke kaca.
  • Langkah 5: Tekan film dengan hati-hati ke bagian dalam jendela, menggunakan kartu plastik untuk mendorongnya ke sudut. Anda harus bekerja dari tengah ke luar, mendorong udara ke arah tepi. Heat gun akan membantu menjaga film tetap lentur hingga Anda senang Anda telah menghilangkan semua lipatan dan kantong udara – ingat saja untuk mengaplikasikannya ke bagian luar kaca agar film tidak meleleh.
  • Langkah 6: Gunakan kikir logam di tepi jendela untuk memastikan hasil akhir yang halus dan bulat. Ini akan membantu mencegah film terlepas saat jendela digerakkan ke atas atau ke bawah.

Tips tambahan: Saat Anda mengaplikasikan kaca film ke jendela belakang atau kaca depan, akan lebih mudah jika Anda menggulungnya ke kaca dari satu sisi ke sisi lainnya. Anda juga harus memberikan waktu film untuk mengering dan mengeras, jadi hindari memutar jendela ke bawah atau menggunakan wiper selama dua hari setelah aplikasi.

Langkah-langkah ini hanya untuk panduan dan mungkin tidak berlaku untuk semua pekerjaan kaca film. Selalu ikuti petunjuk produsen yang disertakan dengan film pewarnaan yang Anda beli. Kami juga menyarankan untuk membeli warna pra-potong yang dirancang khusus untuk merek dan model mobil Anda, yang menghilangkan stres karena harus memotong film sesuai ukuran Anda sendiri.

Ingat, meskipun mengaplikasikan warna jendela bisa dilakukan sendiri, Anda mungkin mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dengan menyerahkannya kepada profesional. Jika Anda lebih suka melakukannya sendiri, sebaiknya tonton beberapa panduan mendalam di YouTube untuk mendapatkan pengetahuan, tips, dan keahlian dari spesialis kaca film profesional.

Kunjungi Juga: Sticker Cutting

0 comments on “Jenis Kaca Film dan Cara Mewarnai Jendela Mobil Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *